Adobe Premiere dan Filmora adalah software editor video profesional untuk desktop atau PC. Berbagai pengeditan video dapat dilakukan dengan dua perangkat lunak editor video populer ini. Salah satunya mengubah video biasa menjadi video bokeh museum.

bokeh

Bagaimana Anda menggunakan Adobe Premiere atau Filmora untuk membuat video bokeh museum tentu berbeda. Berikut tutorial tentang efek bokeh untuk video yang menggunakan dua program editor video profesional ini.

Cara Membuat Video Bokeh Menggunakan Adobe Premiere

Ada dua cara untuk memberikan efek bokeh di Adobe Premiere: pertama menggunakan preset, dan kedua menggunakan efek bokeh video khusus.

  1. Gunakan preset bokeh

Menggunakan preset adalah cara termudah untuk menambahkan efek bokeh ke video bokeh museum melalui Premiere, karena yang harus Anda lakukan hanyalah memilih satu preset, sama seperti memilih filter Instagram. Berikut langkah-langkahnya:

● Unduh prasetel bokeh

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh preset Bokeh untuk Adobe Premiere. Beberapa preferensi mungkin hanya ditujukan untuk seri Adobe Premiere tertentu.

Jadi pastikan bahwa preset Bokeh yang Anda unduh cocok dengan seri Adobe Premiere yang Anda gunakan. Yang terbaik adalah menggunakan preset seri Adobe Premiere yang lebih rendah dari milik Anda.

● Ekstrak file

Jika preset dalam format RAR atau ZIP, jangan lupa untuk mengekstraknya karena Adobe tidak dapat membaca file ZIP atau RAR.

● Buka Video

Saat itu diunduh. Buka Adobe Premiere dan letakkan video bokeh museum yang akan dijadikan bokeh di timeline atau di clipboard Adobe Premiere.

● Muat preset

Muat atau impor preset ke Adobe Premiere. Caranya adalah dengan mengklik menu Effects di jendela Effects di kiri bawah aplikasi. Kemudian pilih Import Preset.

Buka folder tempat Anda menyimpan preset yang diunduh. Kemudian, klik dua kali preset video bokeh museum yang telah diekstraksi. Prasetel bokeh ditampilkan di jendela Efek

● Buat bidang penyesuaian

Untuk menerapkan preset, Anda harus terlebih dahulu membuat lapisan penyesuaian. Caranya adalah dengan klik kanan pada area Layers atau panel, pilih item baru, lalu pilih Adjustment Layer.

Sesuaikan rasio tinggi, lebar, basis waktu dan piksel ke video yang akan diedit. Lalu klik OK.

● Jatuhkan lapisan pengaturan pada garis waktu

Tempatkan lapisan penyesuaian pada garis waktu seperti Anda akan menempatkan video bokeh museum di garis waktu. Sesuaikan panjangnya dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin seluruh video memiliki efek bokeh, seret lapisan penyesuaian hingga panjangnya sama dengan video

● Terapkan preset ke lapisan penyesuaian

Langkah terakhir adalah menerapkan preset ke lapisan penyesuaian. Ini sangat sederhana, klik dan tahan preset bokeh lalu seret dan lepas ke lapisan pengaturan

● Atur opasitas preset

Untuk menyesuaikan apakah efek bokeh gelap atau gelap, Anda perlu menyesuaikan lapisan penyesuaian. Atur opasitas seperti opasitas video bokeh museum normal.

Menggunakan Video Bokeh Light

Kebanyakan preset Adobe Premiere Bokeh adalah preset berbayar. Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan video cahaya bokeh untuk videonya yang diberi efek bokeh. Triknya adalah:

● Unduh video cahaya bokeh

Unduh video bokeh museum Light. Pastikan resolusi dan ukurannya sesuai dengan video yang Anda edit

● Tempatkan di atas video utama

Buka Adobe Premiere. Impor video dan video cahaya bokeh untuk diedit. Tempatkan keduanya di timeline. Pastikan video cahaya bokeh berada di atas video yang diedit

● Sesuaikan opasitas cahaya bokeh video

Langkah terakhir adalah mengatur opacity video cahaya bokeh hingga video yang diedit terlihat lebih jernih.

Memberikan efek bokeh dengan menggunakan video cahaya bokeh tidak sebaik presetting karena seluruh warna video nantinya akan berubah sesuai dengan video bokeh museum cahaya bokeh. Selain itu, objek yang tidak memiliki efek bokeh juga memiliki efek bokeh.

Kedua cara di atas hanya memberikan efek cahaya bokeh dan tidak akan memburamkan latar belakang video. Berikut langkah-langkah untuk memburamkan latar belakang video agar efek bokeh lebih jernih dan menarik.

Buat latar belakang video buram di Adobe Premiere

● Pilih Video

Buka Adobe Premiere. Impor video bokeh museum. Lalu, seret video yang latar belakangnya diburamkan ke garis waktu
● Cari efek blur

Pergi ke jendela Effects dan masukkan nama efek “Gaussian Blur” di kolom pencarian. Huruf bisa besar atau kecil. Kapitalisasi huruf tidak mempengaruhi hasil pencarian untuk efek.

● Menerapkan efek

Klik, tahan, dan seret efek Gaussian Blur, lalu lepas atau tempel ke dalam video bokeh museum di garis waktu

● Panggil menu Kontrol Efek

Cari efek Gaussian blur. Di bawah efeknya adalah ikon ujung pena (seperti pena untuk menulis kaligrafi). Simbol tersebut dinamakan Free Draw Bezier. Klik ikon tersebut.

● Pemilihan objek fuzzy

Gunakan Free Draw Bezier sebelumnya untuk memilih objek yang tidak akan buram. Perlu diperhatikan bahwa jika objek yang tidak akan diburamkan adalah objek yang bergerak, hasil seleksi tidak akan bergerak, sehingga mungkin saja tidak sesuai.

Setelah Anda memilih sebuah objek di detik berikutnya, Anda harus memilih objek yang sama di detik berikutnya hingga hasil seleksi benar-benar hanya tersedia untuk objek ini.

● Atur ekstensi topeng

Kembali ke menu Effects Controls, cari kata Mask di bawah efek Gaussian Blur, lalu cari opsi Mask Extension. Masukkan nomor yang Anda inginkan, mis. B. 30. Objek yang dipilih akan dikaburkan sedangkan latar belakang tidak akan dikaburkan

● Klik Terbalik
Centang kotak di samping kata “Terbalik” untuk mencegah objek mengaburkan dan mengaburkan latar belakang. Hasilnya segera berubah, objek terlihat sementara latar belakang menjadi buram.

Jika hasilnya terlalu kabur atau kurang buram, Anda bisa mengganti nomor di kolom Ekstensi Masker lebih cepat. Semakin besar angkanya, semakin buram latar belakang / objeknya dan sebaliknya.

Anda juga dapat menerapkan langkah buram ini ke lampu bokeh. Jika Anda ingin cahayanya terlihat buram, Anda dapat memilih lampu lalu menyesuaikan buramnya. Karena cahaya bokeh tidak fokus, kotak centang “Terbalik” tidak harus diaktifkan.

Cara menerapkan efek bokeh dan blur dengan Filmora

Pemberian efek bokeh dan blur pada Filmora bisa dilakukan secara instan. Gunakan saja efeknya. Anda tidak perlu bekerja dua kali. Berikut langkah-langkah untuk membuat video bokeh museum dan tidak fokus:

● Buka aplikasi desktop Filmora
● Pilih menu media dan impor video
● Klik, tahan dan seret video yang ingin Anda edit ke garis waktu Filmora
● Kemudian klik menu Effects
● Masukkan efek yang disebut Bokeh Blur. Bokeh blur 1-bokeh blur 6 ditampilkan. Pilih salah satu yang paling Anda sukai.
● Tarik efek ke video yang akan diedit pada garis waktu
● Efeknya hanya beberapa detik. Salin dan tempel efek tersebut ke bagian lain dari video yang tidak memiliki efek saat video mendapatkan efek bokeh. Ulangi langkah ini hingga seluruh video berakhir
● Cobalah untuk memutar video bokeh museum. Terlihat bahwa video tersebut tidak hanya memiliki efek cahaya bokeh tetapi juga efek blur.
● Untuk membuat video lebih keren, Anda dapat menambahkan efek lain yang mempengaruhi warna video, seperti: B. Cinta Ungu

Efek video bokeh museum di atas menciptakan efek blur pada bokeh sehingga semua objek dalam video tetap tajam. Jika Anda ingin memburamkan latar belakang subjek utama, cukup tambahkan efek Square Blur atau Tilted Blur.

Sumber :

  1. https://blog.umsida.ac.id/daffanaufali/aplikasi-video-bokeh/
  2. https://blogs.itb.ac.id/blogbantuy/aplikasi-bokeh/
  3. https://pengajar.co.id/video-bokeh/
  4. http://webblogkkn.unsyiah.ac.id/glumpangtutong8/video-bokeh/
  5. https://www.ayoksinau.com/video-bokeh/
  6. https://www.gurupendidikan.co.id/bokeh/
  7. https://rollingstone.co.id/bokeh-full-video/
  8. https://officialjimbreuer.com/video-bokeh-museum/

Comments are closed